Sepeda motor listrik produk asli buatan Indonesia kendaraan otomotif masa depan

Kendaraan banyak digunakan oleh setiap orang, dari jaman dahulu hingga sekarang, dimana terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi. Jaman dahulu orang masih banyak menggunakan kendaraan manual seperti kuda, keledai, onta, sdb lalu berkembang menggunakan mesin yang menggunakan bahan bakar fosil.

Seiring perkembangan jaman orang semakin pintar dan sadar bahwa bahan bakar fosil suatu saat akan habis karena merupakan sumber daya alam yang tidak dapat di perbarui, harga akan naik di saat stok sudah mulai habis sehingga orang akan berpindah ke energi lain yang lebih hemat. Selain hal tersebut adanya ancaman pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari emisi buang dan pemanasan global maka kendaraan yang digerakan atau menggunakan energi listrik merupakan pilihan yang bijak.

Kendarran listrik merupakan bagian perkembangan kendaraan masa depan yang akan menggantikan kendaraan sekarang yang berbahan bakar fosil, bahkan negara penghasil minyak timur tengah pun sekarang sudah beralih tidak mengandalkan minyak saja sebagai penghasilan negaranya.

Di indonesia sendiri banyak sekali kendaraan yang berbahan bakar minyak saat ini, taukah anda bahwa sekarang kendaraan yang menggunakan energi listrik sudah beredar atau di jual bebas di pasar indonesia, Kendaraan ini masih terbatas pada sepeda motor saja tidak menututup kemungkinan kedepannya mobil listrik produk asli Indonesia akan diproduksi, kita tunggu saja tanggal mainnya.


Oke mari kita bahas tentang motor listrik produk indonesia atau lokal, sebelum membahas lebih jauh ada baiknya mengenal jelaskan tentang motor listrik yang telah memiliki ijin edar (ber STNK) di Indonesia, yang pertama tentunya lolos uji standar nasional indonesia atau SNI, uji emisi tidak perlu dilakukan karena motor listrik tidak memiliki knalpot.

Lalu motor listrik ini tidak memiliki suara, tidak menyebabkan bising telinga bisa di bilang senyap seperti siluman berbeda jika dibandingkan dengan motor 2tak atau motor 4tak yang knalpotnya sudah di modifikasi.

Mungkin karena sepeda motor listrik ini tidak bersuara jadi batas kecepatan maksimum di batasi yaitu maksimal 60km/jam kecepatan tersebut di anggap aman bagi pengemudi dan pengendara motor lainnya. Berbeda dengan motor konvensional speednya tinggi

Sepeda motor listrik lokal di Indonesia diprodukasi 2 perusahaan yang sudah produksi dan mengantongi ijin. Perusahaan tersebut adalah dari Viar Motor (PT Triangle Motorindo) dengan produk motor listrik Viar Q1 dan PT GESITS Technologies Indo (GTI) dengan produk motor listrik GESITS (Garasindo Elektric Scooter ITS) yang merupakan salah satu perusahaan Garasindo Group , Mari kita bahas lebih lengkap.

gesits motor listrik indonesia

gesits motor listrik indonesia

Mari kita lihat dari awal sejarahnya motor listrik ini berdiri. Jika di lihat sejarahnya ternyata sepeda motor ini melibatkan universitas ternama seperi UGM dan ITS, seperti sepeda motor viar Q1 yang bekerja sama dengan UGM Yogyakarta dan GESITS yang bekerja sama dengan ITS Surabaya.

Untuk partnya sendiri Viar Q1 menggunakan motor/dinamo penggerak merk Bosch, sedangkan Gesits masih belum tau

Mengenai harganya sendiri Viar Q1 di patok di harga sekitaran 16.700.000, Sedangkan Gesits di harga tidak sampai 20 juta, dan gesit sendiri masih pre order jadi belum ready order saat artikel ini di buat sedangkan Viar Q1 sudah bisa langsung di pesan.

Viar q1 motor listrik

Viar q1 motor listrik

Mengenai Spesifikasi mesin Viar Q1 sebagai berikut :

Tersedia 2 varian warna : abu2 dan putih
Maksimum Power: 800Watt
Top speednya : 60 km/jam
Maksimal jarak ditempuh : 70Km
Baterai : Menggunakan aki kering (free maintenance) Litium ion 60v20AH
Perkiraan umur baterai : 600-800 kali pengisian
Kapasitas baterai : 2kwh
lama pengisian : 5-7jam
Input charger : 220 Volt 50 Hz

Sedangkan spesifikasi dari Gesits masih minim informasi, tetapi akan kami update
Kapasitas baterai : 5Kwh
Lama pengisian : 3-4 jam
Jarak maksimal tempuh :80-100 km


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *